Advertise

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Written By By Nandar on Jumat, 23 Maret 2012 | 23.47

Kamera DSLR
Kamera SLR


Kini dunia photography makin hari makin banyak penghuninya. Ada yang betul karena hoby jepret dan ada juga yang hanya ikut ikutan ngetren. Biar "gaul" katanya. Berbicara photography pasti tidak lepas dari berbicara kamera SLR dan DSLR.

Kedua jenis kamera ini sebenarnya sama, tapi berbeda dari sistem kerjanya saja.

DSL atau Digital Single Lens Reflex berkerja penuh saat capture obyek foto oleh image sensor hingga pada penulisan di memory card. Dan pada DSLR terdapat lebih banyak tombol di banding SLR seperti pilihan White Balance, ISO, Preset Scenes, dan lainya. Yang paling membedakan adalah tersedianya memory slot yang terkadang lebih dari satu.

SLR atau Single Lens Reflex sistem kerjanya berbeda dibanding DSLR, misalnya pada kamera SLR, tidak tersedianya pilihan ISO, karena pada kamera SLR sudah secara otomatis di tentukan oleh casing filem yang terbuat dari metal kemudian dicat pada bagian bagian tertentu. dan masih banyak lagi perbedaan tombol yang tersedia pada DSLR.

SLR memilki kesederahaan pada sistem electroniknya, karena hanya berfungsi sebagai pengaturan komposisi foto secara otomatik (aperture, speed ). namun bagi photographer profesional pengaturan auto ini justru di non-aktifkan. Selebihnya perintah untuk menggulung filem maju mundur secara otomatis.

Pada SLR, media penyimapanan data gambar di simpan pada filem 33MM (analog) tidak di perlukan proses digitalisasi, kompresi data sehingga gambar bisa dilihat hasilnya pada filem tersebut. sedangkan pada DSLR penyimpanan data gambar di simpan pada memory dan untuk melihat hasil foto bisa di lihat pada LCD atau monitor PC dan di butuhkan software untuk proses editing.

Untuk kesamaannya sendiri DSLR dan SLR memiliki mekanisasi pengambilan obyek foto yang menggunakan satu lensa (single lens) yang sama untuk fungsi membidik (via viewfinder) dan menyampaikan hasil bidikan kepada sensor (untuk DSRL) atau pada film (untuk SLR). Progres tersebut dikerjakan secara reflexy (memakai kaca pantul yang terdapat didalam kamera).

sumber gambar || google gambar ||

0 komentar: